Paling Canggih di Dunia, Jet Tempur Iran Tandingi AS

Berita Luar Negeri. Iran mengatakan, telah memiliki satu jet tempur yang dirancang dan dibangun di dalam negeri. Pesawat itu mendapat pujian dari Presiden Mahmoud Ahmadinejad sebagai salah satu dari pesawat yang paling canggih di dunia.

Televisi pemerintah menayangkan pesawat dipamerkan di satu hangar berwarna abu-abu yang diberi nama Qaher (Penakluk) F-313.

"Pesawat itu adalah termasuk pesawat tempur yang paling canggih di dunia," kata Menteri Pertahanan Iran Brigadir Jenderal Ahmad Vahidi, Sabtu (2/2).

Menurutnya, pesawat ini akan berbeda dari jet tempur Iran lainnya yang telah dibuat. Memang, berdasarkan foto-foto pertama yang dirilis oleh kantor berita Fars, pesawat tempur ini memiliki desain yang aneh. Dari segi tampilan bodi samping menyerupai F-22 Amerikat Serikat, dan bentuk ekornya mirip F-35 Lightning II.

Pesawat itu dirancang dan dibangun di Iran, dan sudah diuji terbang selama ribuan jam oleh para pilot yang sangat puas dengan kemampuannya.

Pengumuman dilakukan saat Iran memperingati ulang tahun ke-34 Revolusi 1979, yang menggantikan shah dukungan Amerika Serikat dengan satu pemerintah Islam.

Iran biasa menggunakan periode ulang tahun itu untuk menujukkan kemajuan militer, ruang angkasa dan nuklir, menghadapi sanksi-sanksi internasional.

Ahmadinejad menyebut Pesawat Qaher sebagai penangkal yang bertujuan mengirim satu pesan perdamaian.

No comments:

Post a Comment