Menlu AS Kecam Pernyataan Anti Zionis PM Erdogan

Berita Hari Ini. MENTERI Luar Negeri AS John Kerry pada hari Jumat kemarin (1/3/2013) mengecam Perdana Menteri Turki Tayyip Erdogan terkait penjelasannya tentang Zionisme sebagai kejahatan terhadap kemanusiaan.

Pernyataan anti Zionis Erdogan yang disampaikannya pada pertemuan PBB di Wina pekan ini, telah dikecam oleh mitra Israelnya, Gedung Putih dan Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon.

“Terus terang ini sangat ofensif, untuk menyebut Zionisme sebagai kejahatan terhadap kemanusiaan,” kata seorang pejabat senior AS kepada wartawan pada saat John Kerry terbang ke Ankara.

“Saya yakin menteri sangat kecewa mendengar pernyataan Erodogan tersebut,” kata pejabat AS, yang berbicara dengan syarat anonim itu.

Sebelumnya Erdogan mengatakan pada pertemuan aliansi PBB di Wina pada Rabu lalu: “Sama seperti dengan Zionisme, anti-Semitisme dan fasisme, semuanya itu terlihat sebagai bentuk Islamofobia dan merupakan kejahatan terhadap kemanusiaan.”

Mengomentari pernyataan Erdogan, Kepala kelompok utama rabbi Eropa mengecam keras pernyataan tersebut dengan menyebutnya sebagai serangan penuh kebencian terhadap orang Yahudi.

Hubungan antara Israel dan Turki semakin memanas sejak 2010, ketika pasukan marinir Israel menewaskan sembilan warga Turki dalam serangan di atas kapal bantuan Palestina yang berusaha menembus blokade Israel di Jalur Gaza.

No comments:

Post a Comment