Pemimpin Teladan

Berita Hari ini. Jika Anda bertindak sebagai pemimpin, maka Anda perlu menemukan metode pelatihan yang tepat untuk anak buah Anda belajar.

Sebagai karyawan, terlebih lagi pemimpin, untuk meraih sukses diperlukan proses  mengamati dan terus-menerus belajar. Berbagai metode belajar pun telah banyak dibicarakan.

Berikut adalah proses belajar yang dikemukakan oleh John C. Maxwell penulis buku best-seller Go for Gold yang dapat Anda terapkan untuk mencetak seorang pemimpin.

Membimbing. Anda tetap melakukan tugas di langkah I, tetapi Anda juga melatih orang yang berjalan di samping Anda dan membantunya selama proses itu. Ambil waktu untuk mengevaluasi hasil kerja dan menjelaskan bukan hanya ‘bagaimana’ tetapi juga ‘mengapa’ dari setiap langkah.

Mengawasi. Anda membiarkan orang telah Anda bimbing melakukan tugasnya, lalu membantunya memperbaiki kesalahan. Dalam fase ini, Anda berperan penting sebagai pendorong yang bersikap positif. Bekerja sama dengannya sampai dia dapat mengembangkan konsistensinya dalam bekerja. Setelah dia menguasai proses itu, mintalah dia untuk menjelaskan prosesnya kepada Anda.

Memberikan Teladan. Dalam proses ini, Anda melakukan tugas-tugas Anda  dengan baik sementara orang yang Anda latih memperhatikan. Biarkan mereka menyaksikan keseluruhan proses kerja. Saat orang melihat tugas itu dilakukan dengan tepat dan lengkap, itu memberikan landasan bagi mereka untuk mereka tiru.

Melipatgandakan. Setelah para pemimpin baru melakukan tugas dengan baik, giliran mereka belajar untuk mengajar orang-orang lain cara melakukannya. Dengan cara demikian, Anda terus mencetak para pemimpin.

Memotivasi. Anda sudah keluar dari tanggung jawab membimbing dan mendampingi orang yang Anda latih. Tugas Anda pada tahap ini adalah memastikan dia mengetahui cara melakukan pekerjaannya tanpa bantuan. Ketika dalam proses, dia membuat perbaikan-perbaikan, doronglah dia untuk melakukannya. Dengan demikian, Anda turut belajar bersamanya.

No comments:

Post a Comment